Tentang : Tukang Sayur | Tulisan | Hobby



Saturday, May 15, 2010

pemahaman dasar tentang photoshop

Ini adalah pendahuluan tulisan saya sebelum kita belajar phothoshop lebih lanjut , yang perlu kita ketahui dan bener –bener kita harus paham adalah cara kerja program photoshop itu sendiri. Banyak tool/peralatan yang di sediakan di program ini tapi tentunya bagi pemula akan semakin bingung dengan banyaknya tool tersebut.

Disini saya tidak akan menjelaskan satu-persatu dr tools tersebut, karena saya sendiri gak lebih dari 30% menguasainya, he.. he..

saya akan memulainya dari bagian layer, layer letaknya disebelah kanan bawah. seperti ini gambarnya:  
pengalaman saya dalam belajar photoshop ketika pertama mengenal photoshop saya sedikit bingung dengan photoshop karena tools disitu serasa macam tak berfungsi, sampai pada saat ketika saya menyadari bahwa kerja kita di handle dr layer. dengan pengalaman itu saya berani menyimpulkan bahwa dasar dari photoshop adalah layer, atau bisa disebut juga lembar kerja atau tempat dimana kita akan meletakkan foto-foto yang akan kita kerjakan nanti. Kenapa disebut layer (berlapis)? Karena dibagian ini kita bisa meletakkan foto lebih dari satu lapisan (berlapis-lapis) dan lapisan/tumpukan foto-foto tersebut akan kita lihat dari satu sisi sehingga berapapun foto yg kita letakkan disana maka yang akan terlihat hanya satu (seolah-olah hanya satu).

Contoh mudahnya anda meletakkan 5 lembar foto diatas meja yang masing-masing foto ukurannya sama dan anda susun rapi, setelah itu coba anda melihatnya dari atas dengan sudut lurus kebawah maka yang terlihat adalah 1 lembar foto yang paling atas, sekarang anda sobek sebagian dari foto yang paling atas dan ulangi lagi untuk melihatnya dari atas, apa yang terjadi? Bagian yang terlihat adalah foto yang sobek dan sebagiannya lagi adalah foto lapisan kedua dari atas. Begitu juga cara kerja layer, di dalam photoshop yang akan ditampilkan adalah layer yang paling atas. maka untuk menampilkan bagian foto yang kita kehendaki kita harus nonaktifkan layer –layer yang berada diatasnya. Atau dengan memindahkan layer bawah kebagian atas.

Untuk menonaktifkannya kita cukup klik gambar mata yg ada di bagian layer. Sedangkan untuk memindahkannya kita klik hold (klik dan tahan )bagian gambar yag ada di layer kemudian tarik ke atas atau kebawah sesuai dengan keinginan lalu lepas.

Cukup sekian dulu penjelasan tentang layer, semoga ini bermanfaat . insyaAllah di lain kesempatan saya akan tuliskan pengalaman saya dengan photoshop lebih lanjut.

Salam opeqsayur.

2 comments:

opeq sayur on March 25, 2011 at 10:46 PM said...
This comment has been removed by the author.
bunda mudah said...

ngomong-ngomong soal layer...jadi ingat layer cake...tuh kan jadi pengen makan.

Post a Comment